Kenapa pilih dinamo stater Ki Kap, karena dinamo stater Ki Kap mempunyai gigi reduksi 3 buah, bisa dikatakan stater nya hanya muter sekali tapi ujung nya ( bendix ) berputar hingga 3 kali, sehingga bisa lebih cepat menghidupkan mesin.
Selain itu dinamo stater Ki Kap memakai 4 kul ( bener ga sih namanya ) sedangkan dinamo asli uno hanya memakai 2 kul.
Ada juga info untuk dinamo stater gren sipic dan daihatsu jebra menggunakan sistem yg sama.
Dan juga ukuran dari dinamo stater nya sendiri kecil, sehingga hanya membutuhkan listrik sedikit...
Coba liat perbedaan antara angker punya Ki Kap dengan asli Uno :
Untuk proses modifnya sendiri, pertama mengubah bendix Ki Kap itu sendiri, dibuka antara bagian bawah dan atas nya, bagian bawah tetap memakai punya nya Ki Kap karena untuk menyesuaikan dengan gigi bagian body dinamo itu sendiri, dan bagian atas memakai gigi mercy, kenapa memakai gigi mercy, karena gigi mercy sama persis dengan punya uno hanya bagian bawahnya terlalu besar, harus dibubut untuk bisa plek dengan ki kap, untuk proses pembubutan itu sendiri harus ditempat yg lumayan bagus karena bagian tersebut terbuat dari baja, dan kebanyakan tukang bubut tidak bisa membubut bagian ini, yg kalah malah gigi tukang bubut nya, tekor deh dia....
Selanjutnya setelah bagian itu disatukan harus mencari bengkel yg bisa press bagian tersebut agar bisa seperti bentuk semula.
Jika ada yg bertanya apakah bagian atas nya bisa memakai gigi asli Uno, jawabannya tidak bisa, bagian bawah pada gigi bendix uno terlalu kecil, kalo punya mercy kan besar bisa dibubut, kalo punya uno kecil susah untuk dibuat sesuai dengan Ki Kap, kalaupun dicor rawan, takutnya ga kuat karena bahan aslinya dari baja.
Langkah selanjutnya yaitu mengubah dudukan ( kepala babi ya namanya ) :
a. bagian kepala dinamo Ki kap nya dipapas habis.
b. lalu di cor menggunakan bahan alumunium tebal.
c. lalu dibubut dan disenai untuk bikin dudukan baut mengikuti letak baut di mesin dan gearbox.
Selesai, tinggal pasang deh... ....
Kalau sebelumnya stater bunyinya, ngek....ngek....ngek...greng....., sekarang bunyinya suing...suing....hehehe
Selanjutnya tinggal test pake aki yg kapasitasnya lebih kecil, mungkin 35 atau 40A juga cukup agar ruang mesin lebih lega.
Note :
Semoga tidak ada yg memandang negatif share saya ini, tujuan saya bukan untuk menjatuhkan / menjelek2an spare part asli fiat khususnya dinamo stater, hanya berbagi solusi agar dapat spare part khususnya dinamo stater yg lebih efisien, awet, dan umum dikalangan bengkel2 dinamo stater.
Salam dan hormat saya
Reiza pemilik uno 1 70sl D1141CW