Fiat Indonesian Forum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Fiat Indonesian Forum

Indonesian FIAT United
 
IndeksIndeks  PortalPortal  GalleryGallery  Latest imagesLatest images  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  Login  
Similar topics
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
» Salam kenal
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeMon May 21, 2012 3:16 am by kampretboi

» ‘Menghidupkan’ Kembali Aki yang Soak
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeMon May 21, 2012 1:57 am by kampretboi

» Modif dinamo stater Fiat Uno memakai Dinamo stater Kij**g Kaps*l
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeSun Sep 11, 2011 9:22 pm by kampretboi

» Uno II 92-94
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeFri Sep 02, 2011 5:15 am by markuno

» Subsitusi parts UNO 1
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeThu Aug 25, 2011 2:53 am by kampretboi

» body repair
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeTue Aug 16, 2011 1:36 am by kampretboi

» BILA ADA BAU OLIE TERBAKAR
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeTue Jun 21, 2011 3:17 am by RideHard

» TIPS MELINDUNGI MESIN FIAT ANDA DARI CLEANER
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeTue Jun 21, 2011 3:15 am by RideHard

» Stabilizer bawah UNO 1
Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeSat Feb 19, 2011 11:19 am by donahs78

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Forum
Affiliates
free forum


 

 Cara Spooring Ban Manual

Go down 
3 posters
PengirimMessage
milecento

milecento


Jumlah posting : 31
Points : 87
Reputation : 0
Join date : 12.01.11

Cara Spooring Ban Manual Empty
PostSubyek: Cara Spooring Ban Manual   Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeWed Jan 12, 2011 8:24 pm

Cara terakhir ini kerap dipakai mekanik balap buat setting langsung di lokasi. Mau tahu caranya?

PAKAI METERAN
Buat yang hobi ngoprek, cara ini pasti menarik. Bukannya meragukan hasil pengukuran mesin yang sangat akurat. Tetapi tetap berguna kala darurat. Atau juga kala setelan bengkel kurang afdol dengan keinginan. Bisa saja, kondisi mobil kurang fit saat dilakukan wheel alignment. Nah penyetelan manual seperti berikut bisa jadi alternatif.

Yuk, kita bahas satu per satu. Namun intinya, kedua cara ini lebih dominan pada penyetelan toe. Yaitu sudut roda terhadap garis lurus dari depan. Seperti trik Hadhi, pria unik yang hobi utak-atik. Pertama-tama cek kondisi kaki-kaki harus bagus termasuk tekanan angin ban harus sama.

Kemudian, carilah jalan rata dan lapang yang aman atau di dalam garasi juga boleh. Jalankan mobil lurus sepanjang 3 meter, tarik rem tangan (hand brake). Biar semua roda lurus. Tarik meteran, ukur jarak dari ujung ke ujung ban depan kiri dan kanan dari depan moncong, dengan menempelkan meteran ke salah satu alur ban yang sama.

Selanjutnya, ukur ban depan pada bagian belakangnya, hitung berapa selisih hasil ukur tersebut dalam skala centimeter. Kalau selisihnya banyak, spooring harus dikerjakan. Kendurkan mur tie rod dan setel tie od dengan cara memutar
Tie rod disetel sampai ukuran ban depan sisi luar membentuk kuncup dengan batas (limit) antara 1 s/d 5 milimeter maksimal, ukuran ini menjadikan ban aus secara merata.
Lalu, kencangkan lagi mur tie rod. Kuncup melebihi limit 5 mm mengakibatkan ban depan botak sisi luar. Sebaliknya, jika ukuran ban depan sisi luar membentuk kembang atau mengembang mengakibatkan ban botak sisi dalamnya.

PAKAI BENANG
Caranya sangat simpel pada mobil yang tergolong masih standar dan tidak terhalangi dengan penutup pelek yang menonjol keluar. Selain itu pelek yang digunakan tentunya tidak mempunyai offset berbeda atau jarak sumbu yang relatif sama.

Peralatan disediakan cukup dengan bantuan tali atau benang nylon yang tersedia di toko bangunan. Selain itu cari dudukan tali berupa penyanggah, seperti jack stand. Oh, iya. Pastikan penyetelan dilakukan pada tempat yang relatif rata pada semua roda
.

Langkah pertama, bagi rata putaran setir ke kiri dan ke kanan. Setelah setir diputar habis ke kanan, hitung putaran ke kiri hingga setir habis diputar. Umumnya jarak putar setir berkisar 3,8 putaran. Setelah terhitung, barulah gerak dibagi dua. Yaitu menjadi 1,9 putaran dari posisi habis.

Setelah putaran terbagi rata, tinggal atur ketegangan benang saat dibentang melalui kedua tonggak dengan patokan kelurusan pada bibir belakang ban belakang dan juga bibir depan roda depan
. Posisikan jack stand sekitar 1 meter di depan roda depan dan di belakang roda belakang

.
Biar tidak bingung, setelah benang di bagian roda belakang menyentuh salah satu bibirnya tonggak jangan digeser lagi . Setelah itu, atur kerapatan benang di roda depan sama dengan mengatur tonggak belakang. Begitu juga dengan tonggak di sisi lawan.

Kendurkan mur penahan tie rod sebelum as long tie rod diputar untuk penyetelan. Nah, sewaktu penyetelan as long tie rod, pastikan juga kemudi tidak bergeser. Setelah benang dapat rata sisi belakang dan depan roda bagian depan. Anda bisa lanjutkan pada sisi ban lainnya. Setelah selesai kedua ban depan, perhatikan garis antara kedua sisi ban. Semestinya tali lurus merapat pada kedua sisinya.

Berbeda dengan penyetelan roda belakang yang sudah menggunakan sistem independen atau multi link. Penyetelan ban bukan lagi pada baut as long tie rod. Baut dudukan salah satu arm akan dikendurkan lalu diputar menyesuaikan setelan yang dikehendaki. Sebagai patokan, juga sama dengan roda depan. Kedua bagian bibir ban akan menyentuh bentangan tali saat memiliki sudut nol.
Kembali Ke Atas Go down
kumbaraf




Jumlah posting : 1
Points : 1
Reputation : 0
Join date : 14.01.11

Cara Spooring Ban Manual Empty
PostSubyek: Re: Cara Spooring Ban Manual   Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeFri Jan 14, 2011 12:43 am

Rolling Eyes
pengen jajal tapi belon ada waktunye
Kembali Ke Atas Go down
milecento

milecento


Jumlah posting : 31
Points : 87
Reputation : 0
Join date : 12.01.11

Cara Spooring Ban Manual Empty
PostSubyek: Re: Cara Spooring Ban Manual   Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeFri Jan 14, 2011 12:51 am

kumbaraf wrote:
Rolling Eyes
pengen jajal tapi belon ada waktunye
Nessun problema, il tempo può essere praticato con gli amici Razz
Kembali Ke Atas Go down
kampretboi




Jumlah posting : 13
Points : 17
Reputation : 0
Join date : 12.01.11
Age : 46

Cara Spooring Ban Manual Empty
PostSubyek: Re: Cara Spooring Ban Manual   Cara Spooring Ban Manual Icon_minitimeFri Jan 14, 2011 2:14 am

Boleh nie Om di praktekin,...
Kapan yaa kita bisa Oprek bareng
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





Cara Spooring Ban Manual Empty
PostSubyek: Re: Cara Spooring Ban Manual   Cara Spooring Ban Manual Icon_minitime

Kembali Ke Atas Go down
 
Cara Spooring Ban Manual
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» CARA MENGATASI MESIN OVERHEATING
» CARA MENGHIDUPKAN MESIN FIAT AGAR TETAP SEHAT.

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Fiat Indonesian Forum :: Saling Sharing :: Kaki Kaki-
Navigasi: