Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyurutkan semburan kocek
yang mengalir dari dompet anda. National Automobile Dealer
Association, sebuah asosiasi dealer mobil USA, memberikan daftar 10
tindakan yang dapat dilakukan untuk meng-handle mobil yang
kebanjiran.
1. Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mobil, sebelum dibersihkan
dan diperiksa secara menyeluruh
2. Secepat mungkin keringkan mobil anda, agar komponen mobil tidak
terlalu lama bersentuhan dengan air.
3. Bila mobil anda diasuransikan, laporkan segera kondisi mobil yang
terendam banjir.
4. Catat kedalaman air yang membanjiri mobil. Data ini sangat
membantu mekanik/montir untuk mengevaluasi dan mengambil langkah- langkah perbaikan kerusakan-kerusakan yang terjadi.
5. Hubungi montir langganan anda untuk mengatur pemeriksaan dan
evaluasi mobil.
6. Pemeriksaan meliputi komponen mekanis seperti mesin, sistem
transmisi, gardan, rem, dan sistem bahan bakar. Pemeriksaan itu untuk
mengetahui seberapa jauh terkontaminasi air.
7. Termasuk juga membilas dan mengganti semua fluida, minyak dan
pelumas serta mengganti filter dan gasket yang terendam air.
Menjalankan mobil yang fluida-nya terkontaminasi air, justru akan
memperparah kerusakan mesin dan komponen lainnya.
8. Pertimbangkan juga untuk membersihkan komponen rem secara khusus
dan juga komponen sistem penggerak roda belakang.
9. Mobil-mobil keluaran terakhir memiliki lapisan pelindung yang
tidak mudah melepas uap air. Rekomendasinya, mengganti seluruh bahan
ini untuk mencegahnya berjamur atau lapuk yang akan mempengaruhi
seluruh komponen. Biaya perbaikannya juga akan meroket.
10. Jangan lupa untuk memeriksa seluruh sistem kabel dan komponen
elektronik lainnya yang terkena air. Memang kebanyakan komponen itu
dirancang untuk tahan air, tapi bukan untuk menyelam di bawah
permukaan air banjir. Pada beberapa kasus, komponen-komponen itu
tidak bermasalah, baru 90 hari kemudian mulai berkarat.
Rangkaian tindakan itu memang rumit, butuh waktu dan biaya. Tapi ini
harga yang layak untuk mengurangi kerusakan dalam jangka panjang dan
mengurangi pengeluaran untuk perbaikan terus menerus.
Bila mobil sudah bersih coba teliti ulang bagian-bagian : bawah
karpet/karet penutup lantai, bagian-bagian sempit di interior, bawah
dashboard, celah-celah konsole, rangkaian kabel, celah-celah
alternantor, motor stater dan pompa power steering.
Yakinkan pula semua fabric, karpet dan pelapis lainnya sudah benar- benar bersih dan kering. Teliti setiap celah, kisi dan lobang kecil
jangan sampai ada lumpur yang tertinggal. Mengabaikan hal-hal kecil
itu akan mendatangkan karat dan pertanyaan kritis dari pembeli, bila
mobil ini kelak dijual.