Fiat Indonesian Forum
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Fiat Indonesian Forum

Indonesian FIAT United
 
IndeksIndeks  PortalPortal  GalleryGallery  Latest imagesLatest images  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  Login  
Similar topics
Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Latest topics
» Salam kenal
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeMon May 21, 2012 3:16 am by kampretboi

» ‘Menghidupkan’ Kembali Aki yang Soak
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeMon May 21, 2012 1:57 am by kampretboi

» Modif dinamo stater Fiat Uno memakai Dinamo stater Kij**g Kaps*l
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeSun Sep 11, 2011 9:22 pm by kampretboi

» Uno II 92-94
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeFri Sep 02, 2011 5:15 am by markuno

» Subsitusi parts UNO 1
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeThu Aug 25, 2011 2:53 am by kampretboi

» body repair
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeTue Aug 16, 2011 1:36 am by kampretboi

» BILA ADA BAU OLIE TERBAKAR
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeTue Jun 21, 2011 3:17 am by RideHard

» TIPS MELINDUNGI MESIN FIAT ANDA DARI CLEANER
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeTue Jun 21, 2011 3:15 am by RideHard

» Stabilizer bawah UNO 1
TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeSat Feb 19, 2011 11:19 am by donahs78

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Forum
Affiliates
free forum


 

 TIPS PERAWATAN BAN

Go down 
PengirimMessage
milecento

milecento


Jumlah posting : 31
Points : 87
Reputation : 0
Join date : 12.01.11

TIPS PERAWATAN BAN Empty
PostSubyek: TIPS PERAWATAN BAN   TIPS PERAWATAN BAN Icon_minitimeWed Jan 12, 2011 8:18 pm

TIPS PERAWATAN BAN

Jika Anda pemilik kendaraan, entah itu kendaraan roda dua, tiga,
empat ataupun lebih dari empat, info Roda pada Senin (24/03) tentu
bemanfaat. Sebab info seputar Si Karet Bundar yang lazim dikenal
dengan nama Ban, dikupas habis. Ada beberapa tips yang hadir mengenai
cara untuk merawat Ban agar
tetap nyaman dan juga tahan lama. Tips tersebut adalah :
1. Ukuran ban dan corak telapak ban harus sesuai. Minimal pada
satu as memiliki merek serta ciri khas yang sama.
2. Gunakanlah Ban dengan kontruksi yang sama (misal : dari bahan
Polyester atau baja).
3. Ban Tubles harus dipasang pada pelek yang khusus untuk ban
tubles. Begitu pula sebaliknya. Karena jenis ban yang menggunakan ban
dalam tetapi menggunakan pelek tubeles, akan mengakibatkan
berkurangnya tekanan angin. Sementara apabila Anda memilih untuk
menggunakan ban jenis tubles, jangan memaksa untuk menggunakan ban
dalam. Sebab pada kecepatan tinggi panas udara dalam ban akan cepat
naik dan efeknya Si karet bundar setiap saat mudah meledak.
4. Pemasangan ban dalam harus disesuaikan dengan jenisnya dengan
ban luar. Dan apabila memungkinkan gunakan ban dalam yang semerek
dengan ban luar.
5. Perhatikan pula kondisi Ban yang Anda gunakan pada kendaraan
Anda.
Caranya untuk dapat mengenali kondisi si Karet bundar begitu mudah.
Kenali Si Karet Bundar dengan melihat petunjuk TWI (Thread Wear
Indocator). Jadikan angka ukuran pada TWI sebagai patokan.
Sesudahnya, coba Anda ukur dengan penggaris ketebalan alur ban dari
dasar alur. Jika kurang dari 2 mm sebaiknya Anda segera ganti ban
Anda dengan yang baru.
Tips diatas, tentunya bermanfaat bagi Anda. Namun tentu ada diantara
Anda yang kurang begitu memahami karakteristik ban yang di jual di
pasaran. Amat mudah untuk mengenali jenis ban yang Anda gunakan. Coba
Anda perhatikan sisi ban. Pada setiap jenis ban akan tertulis
sejumlah angkat atau huruf yang sebenarnya telah menjelaskan secara
mendetil karakteristik ban. Misalnya, pada sebuah ban tertulis
195/65R15 92H.
Apa yang tertera di samping ban dapat dikategorikan sebagai berikut :
1. Angka 195 merupakan petunjuk lebar penampang ban. Semakin
besar ukuran penampang ban, semakin besar pula telapak ban.
2. Angka 65 R merupakan petunjuk mengenai ketinggian ban diukur
mulai dari pelek hingga penampang ban yang menempel pada jalan.
Semakin besar angkanya maka semakin tebal pula dinding ban jika
dilihat dari samping luar (jika diukur dari pelek).
3. Angka 92 H menunjukkan kecepatan minimum dan juga maksimum
ban. Semakin besar tingkatakn angka yang ditunjukan maka semakin
besar pula kekuatan ban terhadap kecepatan tertentu.
Untuk angka terakhir yang disebutkan ada sedikit penjelasannya. Dalam
dunia Si Karet Bundar, pihak produsen biasa mencantumkan kode
standarisasi kecepatan ban. Ada beberapa klasifikasi kecepatan yang
dicantumkan pada setiap jenis ban, klasifikasi tersebut adalah :
1. TR Ban jenis ini mampu digunakan untuk kecepatan kendaraan
sekitar 100 Km/jam.
2. HR Ban jenis ini mampu digunakan untuk kendaraan yang melaju
dengan kecepatan 210 Km/jam.
3. VR Ban jenis ini dapat digunakan pada kendaraan yang mampu
melaju pada kecepatan 260 km/jam
4. ZR kode tersebut menunjukkan bahwa ban jenis ini mampu
digunakan pada kendaraan yang mampu melaju pada keceparan 340 km/jam. Mana kode ban yang kiranya sesuai dengan jenis kendaraan yang Anda
miliki, silakan Anda sesuaikan. Hanya saja, Anda perhatikan pula
perawatan ban yang Anda gunakan seperti apa yang dituliskan diatas.
Sebab salah-salah ban yang Anda gunakan justru menjadi bumerang dan
berakibat kurang baik.Sebagai infomasi tambahan, bagi Anda yang suka
bepergian tak ada salahnya jika Si Karet Bundar diberi sedikit cairan
penambal.
Dengan cairan tersebut, maka dijamin Si Karet Bundar akan aman-aman
saja. Sebab fungsi cairan penambal tersebut yakni merekatkan kembali
bagian ban yang tertusuk benda tajam. Bahkan adad sejumlah bengkel
mengatakan bahwa untuk jenis paku dengan panjang 10 mm yang menusuk
pada ban dapat tertahan. Oh ya, jika Anda merasa takut cairan
tersebut akan merusak bagian dalam ban, Anda tak perlu khawatir.
Justru cairan tersebut melindungi bagian dalam ban sekaligus
melindugi pelek Anda dari goresan. Cara membersihkannya pun terbilang
mudah, Anda tinggal semprotkan air pada bagian dalam ban, ataupun
mengelap bagian dalam pelek dengan lap kering. Mudah bukan ? Nah
informasi yang dikupas habis mengenai dunia seputar Si Karet Bundar
diatas kami harap dapat bermanfaat bagi Anda. Karena maklum, dalam
kondisi yang kurang menentu seperti sekarang tips dan trik berguna
jenis apapun pastinya ingin Anda dapatkan. Terutama bagaimana caranya
untuk dapat mempetahankan keawetan ban. begitu bukan ?...

Kembali Ke Atas Go down
 
TIPS PERAWATAN BAN
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» TIPS MODIFIKASI FIAT
» TIPS DARURAT KOPLING SLIP PADA UNO
» TIPS UTK SOUND SYSTEM UNTUK FIAT ANDA

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Fiat Indonesian Forum :: Saling Sharing :: Kaki Kaki-
Navigasi: